Menghitung Harga Jasa Pengiriman Barang

Menghitung Harga Jasa Pengiriman Barang

Jasa ekspedisi atau jasa pengiriman cargo memiliki harga yang berbeda satu dan lainnya. Untuk menentukan harga jasa pengiriman cargo, digunakan tolok ukur berupa jarak dan jenis kendaraan yang akan digunakan. Biasanya jasa cargo profesional memiliki website dimana di dalam website tersebut calon konsumen bisa melihat ongkos kirimnya atau menanyakan langsung pada  customer service jasa cargo tersebut.

Calon konsumen tentunya akan mencari jasa cargo murah. Terlebih bagi pengusaha, tentu ia ingin peanggan mendapatkan harga murah. Pelanggan memiliki banyak pilihan jasa cargo yang menawarkan harga murah,namun seringkali calon konsumen atau pengusaha ini hanya berpatokan pada harga yang berada di website, padahal nantinya ada biaya lain (tak terduga) yang harus dikeluarkan.

Menghitung Harga Jasa Pengiriman Cargo

Sebelum menelpon atau mengecek tarif cargo melalui website jasa cargo, Anda harus mengetahui beberapa hal dahulu sebagai patokan.

  1. Tujuan

Pertama,ketahui kota tujuan tempat barang akan dikirim. Pastikan alamat sudah benar-benar lengkap, karena walaupun satu propinsi, ongkos kirimnya bisa saja berbeda. Lengkapi alamat dengan nomor rumah, RT, RW, Kecamatan,hingga Kelurahan. Dengan alamat yang detail, maka akan didapatkan besaran tarif yang sesuai.

 

  1. Besaran Paket

Besar atau berat paket tentu mempengaruhi ongkos kirim sebuah barang. Bahkan, ada beberapa jasa pengiriman cargo yang memiliki berat minimal, isal minimal 50 kilogram. Gunakan timbangan untuk mendapatkan perkiraan berat paket.

 

  1. Dimensi Barang

Dalam pengiriman barang, beberapa jasa pengiriman cargo menerapkan sistem perhitungan dimensi paket. Paket akan dihitung berdasarkan ukuran volume barang. Perhitungannya sendiri pun berbeda. Tergantung alat transportasi yang digunakan. Untuk udara, digunakan rumus panjang x lebar x tinggi : 6000, sednagkan untuk via laut digunakan rumus panjang x lebar x tinggi : 4000. Ukuran volume biasanya digunakan untuk barang khusus barang ringan, namun memakan banyak tempat.

 

  1. Jenis Transportasi

Besaran ongkos kirim juga tergantung pada alat transportasi yang akan digunakan. Jika ingin ongkos kirim lebih ekonomis, maka bisa mencoba pengiriman via laut. Namun, dibutuhkan waktu lebih lama dibandingkan via udara. Untuk pengiriman via udara, konsumen harus mengeluarkan uang lebih.

 

Untuk pengiriman antar pulau, konsumen bisa memilih jalur truk atau kereta api. Tanyakan kepada jasa pengiriman cargo.

 

  1. Penyewaan Mobil Box atau Truk

Jika barang yang akan Anda kirim beratnya mencapai puluhan banhkan ratusan ton, maka alternatif lainnya adalah dengan menyewa truk atau mobil box. Biasanya truk atau mobil box juga sering dimanfaatkan seseorang yang akan pindah rumah. Harga sewa truk maupun mobil box biasanya dihitung tergantung jarak dan besar kecilnya truk atau mobil yang disewa.

 

  1. Biaya Kemas dan Bongkar Muat

Biasanya untuk pengiriman barang dalam jumlah cukup banyak,pengirim akan dikenakan biaya tambahan untuk pengemasan dan bongkar muat. Biaya kemas dan bongkar muat ini berbeda-beda. Anda dapat menanyakannya pada jasa pengiriman cargo.

 

Serahkan kebutuhan Anda dalam pengiriman dengan jasa cargo terpercaya seperti Hafa Cargo. Hafa Cargo lebih dari sekedar jasa ekspedisi. Hafa Cargo berkomitmen menjadi solusi

 

Husna Firda Abadi (Hafa Cargo)

Prawirotaman MG III/634
Yogyakarta – Indonesia.
Tel: +62 274 374444
Phone/WA: +62 811 255 949 (Rofi) / +62 812 1552 1721 (Firda)