Pentingnya Packaging Dalam Jasa Ekspedisi Kargo

Pentingnya Packaging Dalam Jasa Ekspedisi Kargo

Pentingnya Packaging Dalam Jasa Ekspedisi Kargo

 

Ada dua tantangan yang harus dihadapi jasa ekspedisi kargo dalam melayani pada klien dan pelanggannya, yaitu: untuk memuaskan pelanggan (customer), dan jasa ekspedisi kargo itu sendiri. Pelanggan atau customer ingin agar barang yang dikirimkan aman dan jasa yang digunakannya kredibel, sedangkan jasa ekspedisi kargo ingin agar ruang pada armadanya digunakan secara maksimal. Untuk mencapai kesesuaian pada kedua belah pihak, pengiriman barang memerlukan pengetahuan tentang prosedur penanganan kargo dalam armada transportasinya.

 

Metode pengangkutan kargo dan pengemasan harus dipertimbangkan dengan baik pada setiap proses pengiriman barang. Ukuran dan kualitas pengemasan harus kompatibel dengan tipe angkutan dan teknologi yang digunakan. Misalnya penggunaan container bergantung pada penempatan barang untuk menghindari ruang kosong. Oleh karena itulah, jasa ekspedisi kargo membawa manfaat komersial, operasional, dan ekonomi yang signifikan. Adanya ruang kosong pada angkutan pengiriman tidak hanya akan mengakibatkan kehilangan pendapatan bagi jasa ekspedisi kargo, namun juga akan menimbulkan kerusakan barang selama pengiriman.

 

Suatu metode pengemasan (packaging) biasanya menjadi prasyarat jasa ekspedisi kargo untuk mengangkut komoditas kargo, terutama dalam jumlah besar. Pengemasan atau packaging setidaknya memiliki tiga macam fungsi, yaitu: 1) untuk melindungi barang; 2) untuk menjaga muatan barang tetap bersama; dan 3) untuk menjaga barang dari lingkungan luar yang merusak barang.

 

Perlindungan barang diperlukan tidak hanya untuk melindungi barang dari resiko kehilangan (tercecer), kerusakan, dan pencurian, tapi juga tergantung dari sifat alami barang terhadap pengaruh kelembaban, suhu, dan resiko iklim dan cuaca yang bisa keluar-masuk menembus kemasan.

 

Transportasi atau pengangkutan barang biasanya akan membuat barang terkena berbagai macam gaya mekanis (misalnya goncangan, getaran, dan tekanan), serta pengaruh iklim dan cuaca (seperti suhu, kelembaban). Setidaknya untuk pengiriman kargo konvensional lewat laut, pengemasan atau packaging harus cukup kuat untuk menahan kerasnya kondisi penyimpanan dan penanganan yang berulang kali.

 

Barang yang tidak dikemas dengan benar akan dapat merusak barang lain yang diangkut pada moda transpotasi yang sama. Dalam banyak kasus,pengiriman barang dengan jasa ekspedisi kargo dengan jalur laut mungkin yang paling rawan rusak karena kondisi penanganan barang yang berulang dan proses yang panjang. Karena itulah, pengemasan barang dalam pengiriman menjadi sangat penting.

 

Untuk kemasan kertas karton dan kardus, misalnya, biasanya digunakan untuk pengiriman barang yang bersifat lokal, di mana resiko kerusakan biasanya lebih kecil. Plastik dan goni (rami) biasanya digunakan untuk memproduksi kantong kemasan. Kantong kemasan umumnya digunakan untuk mengemas komoditas dalam kuantitas kecil, seperti semen, gula, atau padi. Kayu masih umum digunakan untuk membuat kotak pembungkus atau peti kemas. Drum dan barel yang terbuat dari besi dan plastik digunakan dalam pengiriman benda cair dalam jumlah kecil.

 

Jasa ekspedisi kargo yang baik wajib mengikuti prosedur yang ditentukan oleh pihak berwajib setempat untuk praktik komersialnya dalam hal pengemasan atau packaging, pelabelan, dan deklarasi isi barang (declaration of contents). Pelabelan pada kemasan harus memiliki unsur-unsur sebagai berikut:

 

  1. Tujuan pengiriman: berisi alamat penerima, jasa ekspedisi kargo yang digunakan, dan nomor pesanan.

 

  1. Instruksi penanganan: utamanya untuk barang komoditas yang rawan rusak, sangat penting untuk melabeli kemasan dengan cara penanganan barang untuk menghindari kerusakan pada barang tersebut dan barang lain. Untuk menghindari kesulitan penggunaan bahasa pada instruksi, sudah ada aturan simbol yang mengatur instruksi penanganan barang yang dilabelkan pada kemasan.

 

  1. Barang berbahaya: ada beberapa barang yang digolongkan sebagai barang berbahaya. Pada umumnya, barang akan digolongkan sebagai barang berbahaya jika barang tersebut mengandung bahan kimia yang dapat merusak barang lain, kemasan, atau lingkungan. Misalnya barang yang mengandung bahan kimia cair yang mudah terbakar atau obat-obatan.

 

Tipe komoditas atau jenis barang, tingkat finishing barang, dan metode pengiriman menentukan jenis pengemasan dan penangan penyimpanan suatu barang. Jasa ekspedisi kargo dapat menentukan metode angkutan yang akan melindungi barang dalam ruang penyimpanannya, serta kecepatan pengiriman barangnya sesuai dengan jenis barang yang diangkut.

 

HAFA Cargo, jasa ekspedisi kargo yang telah berpengalaman selama belasan tahun, telah memahami dan memiliki pengetahuan yang memadai dalam pengemasan dan pengangkutan barang sesuai dengan kondisi barang dan keinginan pelanggan. HAFA Cargo juga memiliki jasa pengemasan barang yang dapat Anda pergunakan jika Anda menghendakinya. Pastikan barang Anda telah terkemas dengan baik sehingga dapat terhindar dari kerusakan, serta dapat menjadi win-win solution bagi Anda dan jasa ekspedisi kargo untuk memaksimalkan ruang pada container yang digunakan.

 

Referensi:

http://www.generalcargoship.com/cargo-packaging.html

http://www.generalcargoship.com/cargo-handling-techniques.html

Kirim Barang Untuk Pindah Rumah Tanpa Ribet, Dengan Jasa Ekspedisi Kargo

Kirim Barang Untuk Pindah Rumah Tanpa Ribet, Dengan Jasa Ekspedisi Kargo

Kirim Barang Untuk Pindah Rumah Tanpa Ribet, Dengan Jasa Ekspedisi Kargo

 

Ketika Anda memutuskan untuk pindah rumah dengan berbagai alasan (lokasi kerja berubah, diterima kerja di tempat baru, dan lain-lain), Anda pasti ingin rumah baru Anda nyaman untuk ditinggali. Tapi Anda berpikir bahwa rasanya tidak perlu membeli barang-barang yang baru karena barang-barang lama Anda masih bagus dan layak digunakan. Apalagi jika Anda membawa keluarga, maka barang yang diangkut bisa berlipat jumlahnya karena mengikuti kebutuhan Anda dan keluarga.

 

Kini ada banyak pilihan jasa angkutan yang membantu pindahan rumah. Apabila jaraknya masih cukup dekat, ada pilihan jasa angkutan yang bersifat individu, seperti misalnya hanya menyewakan kendaraan. Sayangnya, hal ini mungkin tidak efisien jika jaraknya jauh, antar pulau, dan volume barangnya besar. Bagaimana cara agar Anda bisa pindahan rumah tanpa ribet?

 

Pernah mencoba untuk pindahan rumah dengan jasa ekspedisi kargo? Mungkin Anda sering mendengar bahwa jasa ekspedisi kargo digunakan untuk mengirim barang produksi dan grosir. Tapi menilik dari cakupan pelayanannya, hal ini patut dicoba, lho. Kami akan memberikan beberapa cara pindahan rumah dengan jasa ekspedisi kargo:

 

Lewat darat: dengan truk

 

Banyak sekali jasa ekspedisi kargo yang melayani pengiriman barang yang berukuran dan bervolume besar menggunakan jalan darat, apabila jarak yang ditempuh cukup dekat. Armada yang sering digunakan adalah truk. Hal ini akan sangat memudahkan Anda dalam pindah rumah, terutama bila barang-banrang Anda cukup banyak. Ada pula jasa ekspedisi kargo yang memiliki layanan tambahan berupa tenaga angkut (manpower service) yang dapat membantu Anda memasukkan barang-barang ke armada. Jadi, Anda tak perlu kesulitan mengatur pindahan, sementara Anda juga harus mengurus keluarga Anda.

 

Kabar gembira untuk Anda yang tinggal di Jogja, bahwa HAFA Cargo memiliki jasa ekspedisi kargo yang menerima layanan pengiriman barang dengan truk. Selain itu, HAFA Cargo juga memiliki jasa tenaga angkut apabila Anda memerlukan bantuan mengangkut barang-barang Anda. Anda bisa menghubungi HAFA Cargo untuk keperluan pengiriman barang Anda.

 

Lewat laut: dengan kapal kargo

 

Bagaimana jika Anda pindahan melintasi pulau? Tak perlu panik. Jasa ekspedisi kargo melayani pengiriman barang lewat jalur laut dengan jasa cargo laut untuk barang yang berukuran dan bervolume besar. Tak perlu repot mencari jasa ekspedisi kargo lain karena HAFA Cargo juga memiliki layanan pengiriman barang lewat laut. Karena kelengkapan layanan inilah, HAFA Cargo menjadi salah satu jasa ekspedisi kargo terbaik di Jogja.

 

Dengan dua layanan jalur pengiriman tersebut, Anda dapat memilih tipe pengiriman barang yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar pindahan Anda nyaman, kami akan memberikan beberapa tips mengatur barang pindahan Anda:

 

  1. Persiapkan wadah atau container untuk barang-barang Anda

 

Wadah untuk barang-barang Anda bisa berupa kardus atau container (wadah) plastik untuk barang-barang yang sifatnya perintilan kecil-kecil. Hal ini untuk menghindari adanya barang yang tercecer atau rusak. Untuk barang yang besar seperti lemari atau rak, Anda bisa membungkusnya dengan single face cardboard agar terhindar dari debu atau kotoran.

 

  1. Kategorikan barang-barang yang sejenis di satu tempat

 

Jika Anda memiliki banyak sekali barang dengan jenis yang bermacam-macam, ada baiknya jika Anda mengelompokkan barang-barang tertentu di satu wadah yang sama. Misalnya alat dapur dimasukkan dalam satu atau beberapa wadah tertentu. Begitu pula dengan buku-buku, atau barang lain yang sejenis bisa dimasukkan dalam wadah yang sama. Hal ini bertujuan agar selain barang menjadi tidak mudah tercecer, juga dapat membantu Anda ketika mengepak atau membongkar ulang barang sehingga tidak ada barang yang terlupa.

 

  1. Buat daftar barang-barang Anda dan labeli wadahnya

 

Dengan mencatat barang-barang Anda, kemungkinan untuk terlupa atau tercecer akan lebih kecil. Selain itu, hal ini juga akan memudahkan jasa ekspedisi kargo yang Anda gunakan untuk mengetahui barang-barang yang diangkut. Anda dapat membuat catatan daftar barang-barang Anda dan membuat beberapa kopi untuk Anda, keluarga Anda, dan jasa ekspedisi kargo yang Anda gunakan. Anda juga bisa melabeli wadah barang-barang Anda dengan daftar barang yang ada di dalamnya, sehingga Anda tidak perlu membongkar kembali wadah yang sudah ditutup untuk melihat barang-barang yang ada di dalamnya. Kalau perlu, foto proses pengepakannya sehingga Anda merasa tenang dan tak ada barang yang terlupa atau tercecer.

 

  1. Bongkar barang-barang knockdown Anda

 

Jika barang-barang furniture Anda bersifat knockdown atau bongkar pasang, lebih baik bongkar barang Anda untuk menghindari kerusakan. Anda bisa memasangnya lagi ketika sudah sampai di lokasi tujuan. Labeli barang knockdown Anda atau foto dan rekam proses pembongkarannya sehingga Anda tidak merasa kesulitan ketika memasangnya kembali.