Bagaimana Pandemi Mengubah Jasa Pengiriman

Bagaimana Pandemi Mengubah Jasa Pengiriman

Bagaimana Pandemi Mengubah Jasa Pengiriman

Ketika virus COVID-19 mulai merebak di Indonesia, pemerintah memberlakukan berbagai aturan dan protokol kesehatan untuk membatasi penyebaran virus. Virus yang telah menjadi pandemi ini berdampak pada berbagai bidang kehidupan, termasuk kegiatan perekonomian dan arus logistik. Jasa pengiriman adalah salah satu kegiatan ekonomi yang membantu kelancaran arus logistik nasional dan bahkan internasional, yang juga terpengaruh oleh adanya pandemi.

Sebelum adanya pandemi yang membuat orang membatasi aktivitas di luar ruangan, kegiatan ekonomi banyak sekali dilakukan secara tatap muka, seperti: berbelanja, makan di restoran atau kafe, dan lain-lain. Saat pandemi, karena aturan dan protokol kesehatan membatasi aktivitas di luar ruangan, maka sebagian besar kegiatan ekonomi dilakukan secara online. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi berperan sangat besar dalam kegiatan ekonomi saat pandemi.

Bagaimana dengan jasa pengiriman? Bisa dibilang jasa pengiriman menjadi tulang punggung kegiatan ekonomi di masa pandemi. Bagaimana tidak, karena sebagian besar kegiatan ekonomi seperti jual-beli dilakukan secara online, maka diperlukan perantara yang mengantarkan barang dari penjual ke pembeli atau customer. Apalagi di Indonesia, pengiriman antar-pulau pun juga jadi sangat bergantung pada jasa pengiriman cargo, terutama untuk pebisnis grosir. Kami ingin memberikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengiriman barang dengan jasa pengiriman cargo di masa pandemi:

 

  1. Perhatikan keawetan barang yang dikirim

Pada masa pandemi, aturan karantina daerah seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tiap-tiap daerah bisa membuat arus logistik tersendat dan barang yang dikirim bisa tertunda. Di skala internasional, beberapa negara yang menerapkan karantina juga bisa membuat pengiriman barang tertunda sehingga akan mempengaruhi bisnis ekspor-impor. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda perlu memperhatikan keawetan barang yang dikirim sehingga tidak akan mengalami banyak kerusakan ketika pengiriman tertunda.

Jika Anda telah memiliki pilihan jasa pengiriman cargo kepercayaan Anda, maka Anda tak perlu merasa khawatir. Jasa pengiriman cargo yang terpercaya, seperti HAFA Cargo, akan memberitahukan kepada Anda apabila terdapat kendala atau penundaan pengiriman untuk sampai ke tujuan. Jadi, Anda bisa menghubungi HAFA Cargo dan memastikan jenis barang Anda dan berkonsultasi mengenai kendala pengiriman, sehingga Anda bisa mengantisipasinya.

 

  1. Pastikan barang terkemas (packing) dengan baik

Di masa pandemi, Anda juga perlu memperhatikan customer Anda dengan mengemas barang dengan baik. Selain untuk melindungi customer Anda dari barang yang terpapar lingkungan dan virus, pengemasan atau pengepakan barang yang baik juga bertujuan untuk  mengurangi kerusakan barang Anda. Ada banyak pilihan pengepakan barang yang bisa disesuaikan dengan jenis barang Anda agar barang Anda terhindar dari kerusakan.

Jika Anda tidak yakin dengan jenis pengepakan yang sesuai dengan barang Anda, Anda bisa menghubungi jasa pengiriman cargo pilihan Anda untuk menanyakannya. HAFA Cargo adalah jasa pengiriman cargo yang juga menyediakan jasa pengepakan (packing service). HAFA Cargo tidak hanya bisa memberi tahu Anda jenis pengepakan yang sesuai untuk barang Anda, tapi bahkan juga bisa membantu Anda dalam pengepakan barang.

 

  1. Pertimbangkan untuk menggunakan pembungkus kedap air

Ketika barang diterima customer, ada kemungkinan barang tersebut akan dibersihkan dengan disinfektan cair di masa pandemi. Walaupun dalam penelitian COVID-19 disebutkan bahwa virus tidak akan bertahan lama pada benda mati, penerapan protokol kesehatan di masing-masing bisnis bisa berbeda-beda. Pengemasan yang tidak kedap air tentu akan mengalami kerusakan ketika disemprot disinfektan. Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menggunakan pembungkus tambahan kedap air jika customer Anda akan menyemprot disinfektan pada barang yang diterima.

Jika Anda eksportir, maka Anda bisa menanyakan pada customer Anda tentang jenis packing menurut aturan negara tujuan, karena bisa jadi aturan di masa pandemi berbeda. Anda bisa mengantisipasinya sejak awal dengan berkomunikasi dengan rekan pebisnis dan customer Anda, dan memasukkannya dalam hitungan biaya pengemasan. Jika Anda importir, pastikan Anda menerapkan protokol kesehatan dalam bisnis Anda dengan mengenakan masker dan mencuci tangan sesering mungkin ketika menerima barang.

 

  1. Pilih jasa pengiriman cargo yang menerapkan protokol kesehatan

Jasa pengiriman cargo yang menyadari pentingnya melindungi karyawan dan kliennya, tentu akan menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan bisnisnya. Sebagai jasa pengiriman cargo terbaik dan terpercaya di Jogja, HAFA Cargo berusaha untuk menerapkan protokol kesehatan dalam aktifitas bisnisnya demi melindungi karyawan dan para kliennya. Selalu pakai masker dan cuci tangan sesering mungkin untuk melindungi diri Anda dan orang-orang sekitar Anda, serta jaga kesehatan Anda agar tidak mudah tertular virus COVID-19.

Tips Memilih Jasa Container Yang Aman dan Terjangkau di Yogyakarta

Tips Memilih Jasa Container Yang Aman dan Terjangkau di Yogyakarta

Saat ini, jasa cargo container banyak dibutuhkan untuk pengiriman barang dari kota ke kota lain bahkan antar negeri. Maka dari itu, para pebisnis memilih menggunakan jasa cargo container untuk pendistribusian barang dalam jumlah yang sangat besar. Namun ketika berencana untuk menggunakan jasa satu ini, baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih jasa cargo container yang benar dan aman terutama di kota Jogja. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan atau barang yang terkendala seperti kerusakan, telat dan lain sebagainya. Lalu, apa sajakah yang perlu diperhatikan ketika khendak memilih jasa cargo container di Jogja? Berikut hal yang wajib untuk Anda ketahui.

Jangkauan Pengiriman Yang Luas

Tentu hal terpenting ketika memilih jasa cargo container adalah mampu menjangkau pengiriman ke seluruh Indonesia. Disini Anda harus menanyakan atau mencari tahu apakah pihak jasa cargo dapat melakukannya. Bahkan, pilih yang bisa menjangkau daerah pedalaman sekalipun. Karena tidak semua jasa cargo container dapat memenuhi hal tersebut.

Memiliki Berbagai Macam Jenis Container

Apa Anda tahu bila container memiliki berbagai macam jenis? Ketika ingin menggunakan jasa cargo container di Jogja, perlu untuk mengetahui apakah mereka menyediakan jenis container yang Anda butuhkan. Karena bila penggunaan jenis container yang tepat maka pengiriman barang tentu akan lebih efektif.

Perlu untuk diketahui, container dapat dibedakan menurut ukuran dan fungsinya. Misalnya bila Anda ingin mengirim makanan beku maka container yang bisa digunakan adalah yang dilengkapi dengan reefer. Sedangkan untuk pengiriman biji-biji-an, bisa menggunakan container berjenis bulk container. Jadi pilih jasa cargo container yang memiliki armada lengkap.

Memiliki Lisensi Resmi

Ketika Anda ingin menggunakan jasa cargo container, baiknya memilih yang memiliki sebuah lisensi resmi. Mengapa demikian? Karena dengan begitu, perusahaan jasa tersebut terbukti sudah sah dimata hukum dan pemerintah. Dan hal ini juga penting, karena Anda terhindar dari perusahaan yang abal-abal. Selain itu, jika Anda mendapat jasa sewa container seperti ini, sangat berisko terhadap keamanan barang.

Tidak hanya itu saja, jasa cargo container juga harus memiliki surat jalan, dimana surat ini dimiliki oleh supir container yang membawa barang anda. Dengan begitu, maka setiap pengiriman container dapat dilakukan secara professional dan aman.

Memiliki Fitur Pelacakan Pengiriman

Menggunakan jasa cargo container di kota Joga, untuk pengiriman barang dengan jumlah yang besar, pastikan mereka menyediakan fitur pelacakan pengiriman. Sehingga, Anda dapat memantau perkembangan sejauh mana status pengiriman barang dengan menggunakan resi. Hal ini juga meningkatkan rasa aman untuk Anda bisa mengetahui posisi barang tersebut, bukan? Jadi, mintalah nomor resi ketika akan menyewa container, sehingga Anda dapat melacak barang yg dikirim.

Harga Yang Terjangkau

Memilih container yang berkualitas akan lebih baik lagi bila mendapatkan harga yang terjangkau. Jangan sampai harga yang mahal merugikan Anda. Jadi, tidak perlu terlalu terburu-buru saat memilih, Anda bisa survey terlebih dahulu dan mempertimbangkan harga yang sesuai. Namun, terlalu murah juga adalah hal yg perlu dipertanyakan. Pilih harga yang terjangkau tetapi tetap masuk akal.

Itulah tips memilih jasa cargo container yang aman dan terjangkau di Yogyakarta. Salah satu jasa cargo container di Yogyakarta yang terjangkau dan terpercaya yaitu hafacargo.co.id, akan memberikan pelayanan yang baik dalam pengiriman barang Anda.